Selasa, 18 September 2007

Puisi-Puisi Jenry Koraag: "Mawale"

MAWALE

aku ingin pulang

tapi bukan kepada batu

karena batu tak mampu mengisahkan

segala kisah tentang sejarah

aku ingin pulang

tapi bukan kepada pohon

karena pohon tak bisa tuturkan

liku jalanan panjang cermin lalu

aku ingin pulang

tapi bukan kepada gunung

karena gunung hanya diam

tak dapat cerahkan coretan alam.

Aku harus pulang

kembali ke pangkuanmu

dimana ibu selalu menjaga

dengan cerminan yang tak akan retak

membawa aku di tengah sodara

bermain dan menyanyi

sebagai bagian cerita alam.

Aku ingin pulang

dengan membawa kegetiran

untukku rajut pada dinding rumah

dan kupaku pada tiang sejarah

bahwa kemarin telah usai

tanpa bekas.

Aku ingin pulang

dan membangun rumah hati

di antara gunung dan pohon

di atas batu moyangku

sebagai awal hari

sisa dari perjalanan ini.