Sabtu, 13 November 2010

Aung San Suu Kyi Bebas

Pemerintah militer Myanmar dibebaskan archrival nya, pemimpin demokrasi Aung San Suu Kyi, pada Sabtu setelah jangka terbarunya penahanan berakhir. Beberapa ribu pendukung gembira streaming ke tempat tinggal.

Sebuah tersenyum Suu Kyi, mengenakan jaket tradisional dan bunga di rambutnya, muncul di gerbang senyawa dia sebagai kerumunan orang bernyanyi, bersorak dan menyanyikan lagu kebangsaan.

"Jika kita bekerja dalam kesatuan, kita akan mencapai tujuan kita. Kami memiliki banyak hal yang harus dilakukan," katanya dengan baik-simpatisan, yang dengan cepat membengkak menjadi sebanyak 5.000. Berbicara sebentar di Burma, ia mengatakan mereka akan bertemu lagi Minggu di markas partai politik.

Nobel 65 tahun Hadiah Nobel Perdamaian, yang terakhir masa penahanan membentang 7 1 / 2 tahun, telah datang untuk melambangkan perjuangan demokrasi di negara Asia Tenggara diperintah oleh militer sejak tahun 1962.

Rilis dari tahanan rumah salah satu tahanan yang paling terkemuka di dunia politik muncul seminggu setelah pemilu yang tersapu oleh partai proxy politik militer dan mengecam oleh negara-negara Barat sebagai palsu yang dirancang untuk melanggengkan kontrol otoriter.

Pendukung telah menunggu sebagian besar hari di dekat tempat tinggal dan markas besar partainya. Suu Kyi telah dipenjarakan atau dibawah tahanan rumah selama lebih dari 15 dari 21 tahun terakhir.

Sebagaimana rilis nya berlangsung, kerusuhan polisi yang ditempatkan di wilayah sebelah kiri adegan dan barikade kawat berduri dekat kediaman-nya dihapus, yang memungkinkan pendukung menunggu untuk gelombang ke depan.

rilis nya langsung disambut oleh para pemimpin dunia dan organisasi hak asasi manusia.

Presiden Barack Obama disebut Suu Kyi "pahlawan saya" mengatakan Amerika Serikat "menyambut rilis lama tertunda-nya."

"Apakah Aung San Suu Kyi yang tinggal di penjara rumahnya, atau penjara negaranya, tidak mengubah fakta bahwa ia, dan oposisi politik yang diwakilinya, telah secara sistematis dibungkam, dipenjara, dan kehilangan kesempatan untuk terlibat dalam proses politik, "katanya dalam sebuah pernyataan.

Perdana Menteri Inggris David Cameron juga mengatakan rilis itu lama terlambat.

"Aung San Suu Kyi merupakan inspirasi bagi kita semua yang percaya pada kebebasan berbicara, demokrasi dan hak asasi manusia," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Sekarang penting bahwa Aung San Suu Kyi telah terbatas kebebasan bergerak dan berbicara dan dapat berpartisipasi penuh dalam proses politik negaranya," kata Komisioner Eropa Jose Manuel Barroso.

Kritikus menuduh yang 7 November pemilihan dimanipulasi untuk memberikan partai pro-militer menyapu kemenangan. Hasil telah dilepaskan sedikit demi sedikit dan sudah telah memberikan Uni junta yang didukung Partai Solidaritas dan Pembangunan mayoritas di kedua majelis Parlemen.

Pemilihan terakhir pada tahun 1990 dimenangkan oleh Suu Kyi sangat Liga Nasional untuk partai Demokrasi, tetapi militer menolak untuk menyerahkan kekuasaan dan bukan menjepit lawan.

pembebasan Suu Kyi junta memberikan beberapa amunisi terhadap kritik dari pemilihan dan catatan manusia pemerintah hak, yang meliputi penahanan lanjutan dari beberapa 2.200 tahanan politik dan kampanye militer brutal terhadap etnis minoritas.

Ini tidak mungkin para jenderal yang berkuasa akan memungkinkan Suu Kyi, yang menarik kerumunan besar pendukung selama periode beberapa nya kebebasan, untuk secara aktif dan terbuka mengejar tujuannya membawa demokrasi ke Myanmar, sebelumnya dikenal sebagai Burma.

Tetapi beberapa harapan lihat dalam pembebasannya.

"Tidak ada oposisi formal (di Myanmar) sehingga pembebasannya akan merupakan suatu kesempatan untuk kembali energi dan mereorganisasi oposisi ini. Jadi, dalam arti bahwa, dari revitalisasi oposisi dengan cara yang konkret, pembebasan Suu Kyi akan menjadi sangat penting, "kata Muang Zarni, seorang pembangkang diasingkan dan sesama Myanmar riset di London School of Economics.

Suu Kyi sendiri sebelumnya memperingatkan tentang optimisme.

"Rilis saya tidak boleh dipandang sebagai sebuah terobosan besar bagi demokrasi Untuk semua orang di Burma untuk menikmati kebebasan dasar., Itu akan menjadi terobosan besar," katanya setelah rilis sebelumnya di tahun 2002.

Suu Kyi tahun lalu dinyatakan bersalah melanggar ketentuan penahanan sebelumnya oleh sebentar melindungi seorang pria Amerika yang berenang diundang ke rumah tepi danau, memperpanjang jangka waktu penahanan terus menerus yang dimulai pada tahun 2003 setelah iring-iringan mobil itu disergap di Myanmar utara oleh pemerintah- didukung massa.

Suu Kyi telah menunjukkan waktu keberanian dan lagi sejak mengambil perjuangan demokrasi pada tahun 1988.

Setelah menghabiskan sebagian besar hidupnya di luar negeri, ia kembali ke rumah untuk merawat ibunya yang sakit dia hanya sebagai demonstrasi massal melanggar menentang 25 tahun kekuasaan militer. Dia segera didorong masuk ke dalam peran kepemimpinan, terutama karena ia adalah putri Aung San, yang memimpin Myanmar untuk kemerdekaan dari Inggris sebelum pembunuhan oleh saingan politik.

Dia berkuda penindasan berdarah militer terhadap demonstrasi jalanan untuk membantu menemukan NLD itu. pembangkangan nya memperoleh ketenaran dan kehormatan, terutama tahun 1991 Nobel Peace Prize.

Karismatik, tak kenal lelah dan blak-blakan, popularitas dia mengancam penguasa baru negara militer. Pada tahun 1989, dia ditahan di dibuat-buat biaya keamanan nasional dan diletakkan di bawah tahanan rumah. Dia tidak dirilis sampai 1995 dan telah menghabiskan berbagai periode dalam tahanan sejak saat itu.

kebebasan Suu Kyi telah menjadi tuntutan utama negara-negara Barat dan kelompok-kelompok kritis terhadap catatan hak asasi manusia yang buruk rezim militer. Pemerintah militer, berusaha untuk memoles citra internasional, telah menanggapi sebelumnya dengan menawarkan untuk berbicara dengan dia, hanya untuk kemudian menghindar dari perundingan serius.

Suu Kyi - yang dilarang berjalan dalam pemilu bulan ini - rencana untuk membantu menyelidiki tuduhan penipuan pemungutan suara, menurut Nyan Win, yang merupakan juru bicara partainya, yang secara resmi dibubarkan karena menolak untuk reregister untuk pemilihan tahun ini.

tindakan tersebut, yang dapat mempermalukan junta, menimbulkan jenis tantangan militer telah bereaksi pada masa lalu dengan menahan Suu Kyi.

Menunggu rilis di Thailand tetangga adalah lebih muda dari dua putra, Kim Aris, yang sedang mencari kesempatan untuk melihat ibunya untuk pertama kalinya dalam 10 tahun. Aris tinggal di Inggris dan telah berulang kali ditolak visa.

almarhum suami nya, sarjana Inggris Michael Aris, mengangkat anak mereka di Inggris. putra sulung mereka, Alexander Aris, menerima Hadiah Nobel Perdamaian atas nama ibunya pada tahun 1991 dan dilaporkan tinggal di Amerika Serikat.

Michael Aris meninggal karena kanker pada tahun 1999 pada usia 53 setelah visa telah ditolak untuk melihat istri untuk tiga tahun sebelum kematiannya. Suu Kyi bisa meninggalkan Myanmar untuk melihat keluarga, tapi memutuskan untuk tidak, junta takut tidak akan mengizinkan masuk kembali.